Mediacirebon.id – Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kota Cirebon menciptakan inovasi terbaru terkait pelayanan. Inovasi tersebut berupa layanan pengaduan masyarakat berbasis digital.
Kepala DPUTR Kota Cirebon, Irawan Wahyono mengatakan, ide pelayanan pengaduan masyarakat berasal dari bidang Bina Marga. Hal ini tercipta setelah banyak aduan yang masuk mengenai jalan rusak dan sejenisnya.
“Ini merupakan inovasi di bidang Bina Marga,” kata Irawan kepada wartawan, Sabtu (3/12/2022).
Setiap pengaduan yang masuk akan diinventarisir kemudian ditindaklanjuti dengan pengecekan. Apakah jalan yang akan diperbaiki merupakan milik Kota Cirebon, jalan provinsi atau jalan pusat.
“Kewenangan kami hanya memperbaiki jalan milik Kota Cirebon, jika jalan provinsi dan pusat akan kami sampaikan ke instansi terkait,” paparnya.
Tim dari Bina Marga akan langsung memperbaiki jalan atas dasar aduan dari masyarakat. Sejak adanya layanan ini, banyak masyarakat yang mengadu. “Responnya sangat baik alhamdulillah. Sangat efektif,” ujar Irawan.
Masih kata Irawan, layanan yang didapat yakni permohonan perbaikan jalan/jembatan/drainase, permohonan rekomendasi penurunan trotoar dan permohonan rekomendasi pemasangan jaringan utilitas.
Masyarakat bisa klik link https://linktr.ee/bm_dputr kemudian mengikuti petunjuk yang ada. Dia berharap adanya layanan ini memudahkan sekaligus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.
“Semoga bermanfaat untuk masyarakat Kota Cirebon. Jangan lagi datang cukup gunakan link di atas,” ujarnya. (Why)