KESAMBI – Di masa pandemi Covid-19, warga selalu meminta penyemprotan dan Alat Pelindung Diri (APD) ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Cirebon. Terlebih saat lonjakan kasus mengalami peningkatan.
“Sehari ada dua sampai tiga RW yang meminta bantuan ke BPBD. Kami langsung layani sesuai permintaan,” kata Kepala Kepala BPBD Kota Cirebon, Khaerul Bahtiar, Kamis (24/6/2021)
Pihaknya akan langsung merespon warga yang meminta bantuan ke BPBD. Baginya memberikan pelayanan terbaik jadi prioritas utama.
“Asal warga meminta bantuan kami langsung turun ke lapangan,” tuturnya.
Dia menjelaskan, BPBD Kota Cirebon tidak menerapkan Work Form Home (WFH) karena jumlah personel terbatas. Selain itu di masa pandemi, peran BPBD sangat dibutuhkan masyarakat.
“Bagi kami yang terpenting bisa melayani masyarakat,” kata dia.
Salah satu Warga RW 7 Kayuwalang Kelurahan Karya Mulya Kecamatan Kesambi Kota Cirebon, Kemah Rosmaya mengakui, sangat merasakan pelayanan cepat BPBD Kota Cirebon.
“Saya sering meminta pertolongan BPBD, baik masalah rumah roboh maupun Covid-19. Mereka selalu datang cepat dan membantu warga,” ujarnya.
Ketua Posyandu Kelapa Muda Kayuwalang ini juga mengaku berterima kasih, karena selalu memberikan pelayanan maksimal.
“Kami sangat mengapresiasi tugas yang dilakukan BPBD,” ujar dia.
Hal serupa disampaikan warga Kayu Walang, R Endah Arisyanasakanti. Menurutnya peran BPBD di saat pandemi sangat vital khususnya di masa pandemi Covid-19.
“Warga pasti meminta bantuan kepada BPBD dulu karena yang paling cepat merespon,” tutur dia. [MC-01]