Mediacirebon.id – Rumah Sakit Daerah (RSD) Gunung Jati Kota Cirebon memastikan pelayanan rawat jalan sesuai Standar Operasional Prosedur. Antrian yang panjang lantaran membludaknya jumlah pasien pada Rabu (17/4/2024) kemarin.
Direktur RSD Gunung Jati, dr Katibi menjelaskan, di hari tersebut pihaknya melayani 1.085 pasien rawat jalan. Jumlah itu melampaui batas normal pelayanan rawat jalN di hari biasa yang melayani 426 pasien.
“Kami akui jumlahnya lebih banyak dari hari biasa atau dua kali lipat,” ungkap dr Katibi kepada wartawan di ruang kerjanya, Kamis (18/4/2024).
Padahal sambung dr Katibi, pihaknya sudah menyiapkan 5 dokter penyakit dalam, 3 dokter penyakit jantung dan 2 dokter bedah saraf. Dokter ini yang melayani rawat jalan di pelayanan poli sekaligus rawat inap.
“Jumlah yang ada sebenarnya sudah mampu melayani pasien rawat jalan yang ada di RSD Gunung Jati,” ujarnya.
Menurut dr Katibi, antrian yang panjang disebabkan pasien yang tidak memanfaatkan layanan online. Padahal RSD Gunung Jati memiliki beberapa layanan online seperti Aplikasi JATI ISUN di Google Play smartphone bagi pendaftaran rawat jalan peserta BPJS Kesehatan dan Non BPJS Kesehatan dan WhatsApp Center: 081120011576
“Silakan manfaatkan layanan yang sudah ada di kami sehingga tidak perlu harus datang ke pendaftaran rawat jalan pada dini hari,” ungkapnya.
Dia menegaskan bahwa pelayanan dibuka dari pukul 05.30 WIB sampai 11.00 WIB pada pagi hari, kemudian dilanjutkan pada sore hari. Bagi masyarakat bisa datang 15 menit sebelum dipanggil.
Dia juga menegaskan, akan menindaklanjuti arahan dari Walikota Cirebon terkait layanan rawat jalan. Seperti pemanfaatan ruang rawat inap dan penambahan dokter spesialis yang dibutuhkan masyarakat. (Why)