Mediacirebon.id – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar kunjungi layanan Mall Pelayanan Publik (MPP) di Kabupaten Cirebon, Senin (4/3/2024)
Menteri menilai layanan MPP di kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) ini belum optimal.
“Pemkab Cirebon tidak mengoptimalkan layanan MPP ini. Padahal sangat lengkap”kata Azwar Anas kepada wartawan.
Berdasarkan laporan, MPP hanya dikunjungi 50 sampai 200 dalam sehari. Idealnya kunjungan masyarakat ke MPP dalam sehari sebanyak 4000 orang.
“Kalau berdasarkan angka di atas itu masih kategori sepi pengunjung. Sedangkan layanan di tempat ini sangat lengkap,” jelasnya.
Menurut Azwar, MPP sepi pengunjung disebabkan Pemkab Cirebon kurang sosialiasi. Selain itu, faktor digitalisasi yang mempengaruhi masyarakat sungkan ke MPP.
“Sosialisasi masih minim jadi banyak masyarakat yang tidak tahu ada layanan MPP,” paparnya.
Menpan RB meminta, Pemkab Cirebon mengoptimalkan layanan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. Hal ini sesuai dengan keinginan presiden untuk mendorong digitalisasi birokrasi yang lincah.
“Digitalisasi yang di maksud bukan banyak aplikasi melainkan satu aplikasi dengan berbagai layanan,” ungkapnya.
Sementara menurut Bupati Cirebon Drs. H. Imron M.Ag, sepinya layanan MPP karena hanya terpusat di Kecamatan Sumber. Sedangkan wilayah Kabupaten Cirebon sangat luas.
Pihaknya berencana, MPP akan dibuka di wilayah Kabupaten Cirebon bagian timur. Agar memberi kemudahan masyarakat mengakses layanan publik. (Aap)