Mediacirebon.id – Daop 3 Cirebon resmi menutup pelaksanaan posko Nataru yang berlangsung selama 18 hari Selama masa Nataru Daop 3 melayani 120.294 pelanggan kereta api atau rata-rata 6.683 pelanggan per hari.
Jumlah tersebut meningkat 107 persen dibanding periode Nataru tahun lalu dimana KAI melayani 112.407 pelanggan.
“KAI Daop 3 mengucapkan terima kasih kepada seluruh pelanggan yang telah mempercayakan kepada KAI sebagai bagian dari perjalanan bertransportasi di masa Nataru ini,” ujar Rokhmad Makin Zainul, Manager Humas KAI Daop 3 Cirebon, Senin (6/1/2025)
Pencapaian positif di masa Angkutan Nataru ini juga terdapat di sisi ketepatan waktu atau On Time Performance keberangkatan kereta api mencapai 100 persen dan kedatangan kereta api mencapai 97 persen.
“Hal ini juga yang menjadikan pertimbangan utama masyarakat memilih moda transportasi kereta api,” ujarnya.
Puncak Angkutan Nataru terjadi pada Minggu, 29 Desember 2024 sebanyak 8.618 pelanggan. Adapun puncak kedua yaitu pada Minggu, 5 Januari 2025 sebanyak 9.100 pelanggan.
“KAI mencatat stasiun terpadat pada periode Nataru ini yaitu Stasiun Cirebon, Stasiun Cirebon Prujakan Stasiun Jatibarang, Stasiun Brebes dan Stasiun Haurgeulis,” paparnya.
Keberhasilan dalam melayani pelanggan di masa Nataru ini akan KAI jadikan momentum untuk melakukan evaluasi secara detail dan komprehensif, termasuk kepatuhan terhadap pelaksanaan budaya keselamatan serta aspek pelayanan.
Insan KAI berkomitmen untuk terus menciptakan inovasi tanpa henti dan membangun kereta api yang fokus menjaga keselamatan (Safety) dan berkelanjutan (Sustainability).
“Hasil evaluasi ini kami harapkan dapat menjadi strategi pembelajaran yang sangat penting bagi KAI untuk mempersiapkan operasional KA sepanjang tahun 2025, khususnya menjelang Angkutan Lebaran tahun 2025 yang tidak lama lagi akan kita laksanakan,” tutup Rokhmad. (Why)