Close Menu
  • Home
  • Utama
  • Pilkada 2024
  • Kriminal
  • Serba Serbi
  • Ekbis
  • Wakil Rakyat
  • Viral
  • Opini
  • Wisata & Kuliner
Facebook X (Twitter) Instagram
Media Cirebon
Facebook X (Twitter) Instagram
SUBSCRIBE
  • Home
  • Utama
  • Pilkada 2024
  • Kriminal
  • Serba Serbi
  • Ekbis
  • Wakil Rakyat
  • Viral
  • Opini
  • Wisata & Kuliner
Media Cirebon
Home » Menuju Layanan 24 Jam, Komisi III Tinjau Kesiapan Puskesmas Gunungsari
Utama

Menuju Layanan 24 Jam, Komisi III Tinjau Kesiapan Puskesmas Gunungsari

Thursday, 16 October 2025
Facebook Twitter Telegram WhatsApp Copy Link
Komisi III DPRD Kota Cirebon meninjau langsung kesiapan Puskesmas Gunungsari sebagai puskesmas dengan pelayanan 24 jam
Share
Facebook Twitter Telegram WhatsApp Copy Link

Mediacirebon.id – Komisi III DPRD Kota Cirebon meninjau langsung kesiapan Puskesmas Gunungsari sebagai puskesmas dengan pelayanan 24 jam.

Kunjungan tersebut bertujuan memastikan kesiapan infrastruktur dan sumber daya manusia (SDM), agar pelayanan kesehatan di puskesmas dapat berjalan optimal.

Ketua Komisi III DPRD Kota Cirebon Yusuf MPd menilai, persiapan menuju operasional puskesmas 24 jam sudah berjalan dengan baik.

Hal itu terlihat dari progres pembangunan infrastruktur Puskesmas Gunungsari di Jalan Tentara Pelajar. Sejauh ini, progress pembangunan infrastruktur sudah mencapai lebih dari 50 persen.

“Pelayanan puskesmas 24 jam di Kota Cirebon ditunjuk percontohannya di Puskesmas Gunungsari. Hari ini kami meninjau progresnya, dan hasilnya cukup baik. Pembangunan infrastruktur juga sedang berjalan,” ujarnya.

Lihat Juga :  Wakil Walikota Cirebon OTG Covid-19, Jalani Isoman di Rumdin

Yusuf menambahkan, keberadaan puskesmas 24 jam ini diharapkan mampu meningkatkan mutu pelayanan kesehatan dasar dan memenuhi kebutuhan masyarakat akan layanan yang cepat, tepat, dan berkesinambungan, terutama pada kasus gawat darurat serta pelayanan rawat jalan dasar.

Kendati demikian, ia menegaskan, kesiapan tenaga medis juga harus menjadi perhatian utama. Pemenuhan tenaga medis dan tenaga penunjang harus disesuaikan dengan kebutuhan untuk pelayanan puskesmas 24 jam.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Gunungsari dr Hj Wasilah Dinijati MH, menjelaskan bahwa proses pembangunan gedung untuk pelayanan 24 jam saat ini telah memasuki tahap pemasangan instalasi dan finishing, dan ditargetkan rampung di akhir tahun 2025.

Lihat Juga :  KLC Sukses Adakan Mini Kontes Ikan Lohan

Ia mengatakan, nantinya Puskesmas Gunungsari akan menyediakan berbagai layanan, mulai dari pelayanan kesehatan perorangan, pelayanan kesehatan masyarakat, pelayanan mampu PONED (Pelayanan Obstetri Neonatal Emergensi Dasar), hingga pelayanan gawat darurat dan rawat inap dasar.

Namun, Wasilah juga mengakui masih ada tantangan dalam hal ketersediaan SDM. Saat ini pihaknya baru memiliki 37 tenaga kesehatan inti dari kebutuhan 55 orang, serta 11 tenaga non-kesehatan dari kebutuhan 20 orang.

“Dengan adanya pelayanan puskesmas 24 jam, kami berharap dapat melayani masyarakat, terutama warga Kelurahan Pekiringan dan sekitarnya, dengan lebih baik,” ujarnya.

Share. Facebook Twitter Telegram WhatsApp Copy Link
Previous ArticleMasa Tunggu Haji di Seluruh Indonesia Selama 26 Tahun
Next Article Memperingati Hari Pangan Sedunia DKP3 Gelar GPM ke-26

Related Posts

Memperingati Hari Pangan Sedunia DKP3 Gelar GPM ke-26

Thursday, 16 October 2025 Utama

Masa Tunggu Haji di Seluruh Indonesia Selama 26 Tahun

Thursday, 16 October 2025 Utama

Surat Tak Direspon, Pedagang di Jalur Provinsi Demo di Kantor DPRD

Wednesday, 15 October 2025 Utama
Media Cirebon
Facebook X (Twitter) Instagram
  • Tentang
  • Pedoman Media Siber
© 2025 PT Media Cirebon Kreatif.

Type above and press Enter to search. Press Esc to cancel.