Mediacirebon.id – DInas Pemadam Kebakaran dan Keselamatan menjadi lembaga pemerintah yang tengah dipercaya masyarakat.
Damkar selama ini dikenal sebagai lembaga yang cepat tanggap, tanpa birokrasi berbelit, dan bekerja dengan tulus tanpa meminta imbalan.
Damkar bukan hanya bertugas memadamkan api, namun membantu urusan lain seperti mengevakuasi kucing yang terjebak di atap hingga membantu dalam kasus-kasus darurat kecil lainnya.
Wakapolri Komjen Dedi Prasetyo mengakui masyarakat saat ini lebih memilih menghubungi Damkar ketika membutuhkan respons cepat, ketimbang melapor melalui layanan kepolisian.
Menurutnya, hal tersebut disebabkan oleh lambatnya quick response time di Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT).
Sebab, standar internasional menetapkan waktu tanggap ideal di bawah 10 menit, sementara Polri masih berada di atas angka tersebut.
Sementara itu, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPRKP) Kota Cirebon Adam Nuridin mengatakan, pihaknya tidak ingin membanding bandingkan kinerjanya dengan institusi lain. Pasalnya, masing-masing institusi memiliki tupoksi, sesuai dengan aturan yang berlaku.
“Engga lah mas, masing-masing memiliki tupoksi sendiri. Bila masyarakat puas dengan kinerja kita, itu menjadi motivasi kita untuk lebih baik dalam hal pelayanan Damkar kepada masyarakat,” ucapnya.
Ditambahkan Adam, semua Anggota Damkar itu “Orang Kaya” (Kaya Hatinya Kaya Semangatnya). “Saat semua orang berlari menjauh justru kami berlari mendekat,” pungkasnya. (Why)
