Close Menu
  • Home
  • Utama
  • Pilkada 2024
  • Kriminal
  • Serba Serbi
  • Ekbis
  • Wakil Rakyat
  • Viral
  • Opini
  • Wiata & Kuliner
Facebook X (Twitter) Instagram
Media Cirebon
Facebook X (Twitter) Instagram
SUBSCRIBE
  • Home
  • Utama
  • Pilkada 2024
  • Kriminal
  • Serba Serbi
  • Ekbis
  • Wakil Rakyat
  • Viral
  • Opini
  • Wiata & Kuliner
Media Cirebon
Home » Daop 3 Cirebon Layani 2 Juta Penumpang di Semester 1
Utama

Daop 3 Cirebon Layani 2 Juta Penumpang di Semester 1

Thursday, 17 July 2025
Facebook Twitter Telegram WhatsApp Copy Link
Penumpang di stasiun Cirebon
Share
Facebook Twitter Telegram WhatsApp Copy Link

Mediacirebon.id – Daop 3 Cirebon mencatat keberangkatan pelanggan kereta api selama semester I 2025 sebanyak 1.028.533 pelanggan sedangkan yang turun atau datang sebanyak  1.000.156 pelanggan.

“Total pelanggan yang dilayani selama periode semester I 2025 sebanyak 2.028.698 pelanggan, atau naik 3,6 persen dari semester I 2024 dengan jumlah 1.958.321 pelanggan,” kata Manager Humas Daop 3 Cirebon Muhibbuddin.

Tercatat jumlah pelanggan per bulannya yang berangkat dari stasiun di wilayah Daop 3 Cirebon selama periode semester I 2025 diantaranya, pada Januari mengangkut sebanyak 169.624 pelanggan, Februari 144.341 pelanggan, dan Maret 130.989.

“Sementara pada April berjumlah 176,260 pelanggan, Mei 156.890 pelanggan, dan Juni 202.550 pelanggan. Puncak kepadatan penumpang terjadi pada Juni karena terdapat momen liburan sekolah,” jelas Muhib.

Lihat Juga :  DPUTR Pasang Rambu di Lokasi Rawan Longsor

Sedangkan untuk stasiun yang melayani keberangkatan pelanggan tertinggi di wilayah Daop 3 diantaranya, Stasiun Cirebon sebanyak 404.014 pelanggan, disusul Stasiun Cirebonprujakan sebanyak 182.214 pelanggan.

Kemudian Stasiun Jatibarang sebanyak 142.287 pelanggan, Stasiun Brebes 109.153 pelanggan dan Stasiun Haurgeulis sebanyak 70.216 pelanggan.

Muhib menambahkan, untuk jumlah penumpang berdasarkan kelas pada Semester I 2025 sebanyak 1.028.533 pelanggan yang terdiri dari kelas eksekutif sebanyak 265.056 penumpang. Sementara untuk kelas bisnis sebanyak 39.540 pelanggan dan kelas ekonomi sebanyak 723.937 pelanggan.

Muhibbuddin menyampaikan peningkatan tersebut menunjukkan bahwa masyarakat memiliki kepercayaan yang tinggi terhadap kereta api sebagai moda transportasi yang aman dan nyaman untuk bepergian.

Lihat Juga :  Bulan Ramadan, YANU Buka Bersama Puluhan Kaum Duafa Kota Cirebon

“Pelanggan yang menggunakan kereta api mengalami peningkatan. Ini bukan sekadar soal angka, tetapi tentang bagaimana kepercayaan publik tumbuh melalui pengalaman perjalanan yang aman dan nyaman,” ujar Muhib.

Adapun peningkatan layanan, diantaranya pengoperasian Face Recognition Gate, menyediakan layanan minum gratis di Stasiun Cirebon dan Cirebonprujakan, serta penataan beberapa stasiun di wilayah Daop 3 Cirebon.

Selain itu ketepatan waktu kedatangan kereta api juga terus ditingkatkan. Pada semester I 2025 rata-rata ketepatan waktu kedatangan kereta api sebesar 96,90 persen.

Share. Facebook Twitter Telegram WhatsApp Copy Link
Previous ArticleBPJS Kesehatan Berkomitmen Layani Warga Miskin di Segmen PBI

Related Posts

BPJS Kesehatan Berkomitmen Layani Warga Miskin di Segmen PBI

Thursday, 17 July 2025 Utama

Warga Keluhkan Tarif Parkir di Stadion Watubelah Kab Cirebon

Thursday, 17 July 2025 Utama

Bupati Cirebon Lantik 1.735 PPPK, Harap Jadi Agen Perubahan di Tengah Masyarakat

Wednesday, 16 July 2025 Serba Serbi
Media Cirebon
Facebook X (Twitter) Instagram
© 2025 PT Media Cirebon Kreatif.

Type above and press Enter to search. Press Esc to cancel.