Mediacirebon.id – Selama bulan Januari hingga Desember 2024, PT KAI Daop 3 Cirebon sudah melayani sebanyak 38.089 peserta Edutrain.
Angka ini meningkat sebanyak 7.529 peserta atau 24 persen dibandingkan dengan periode yang sama pada 2023, yang hanya melayani 30.560 peserta Edutrain.
PT KAI Daop 3 Cirebon berperan aktif dalam mendukung komitmen global dan nasional terkait pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs).
Untuk mendukung pendidikan berkualitas, PT KAI Daop 3 Cirebon menyelenggarakan Program Edutrain.
Program Edutrain tahun 2025 yang diselenggarakan oleh Daop 3 mencakup perjalanan dari Stasiun Cirebon Prujakan menuju destinasi wisata di wilayah Brebes, Tegal, Batang, dan Pekalongan menggunakan Kereta Kaligung dan Tegal Bahari.
Edutrain adalah metode pembelajaran yang mengajak anak-anak untuk belajar di luar kelas, dengan mengenalkan mereka pada lingkungan baru, yaitu stasiun dan kereta api.
“Mereka sekaligus mempelajari berbagai aspek tentang perkeretaapian dan merasakan pengalaman menarik dengan naik kereta api,” ujar Manager Humas Daop 3 Cirebon, Rokhmad Makin Zainul.
Selain menaiki KA, peserta Edutrain juga diberikan edukasi mengenai perkeretaapian, seperti tata cara naik kereta api, fasilitas dan teknologi yang ada, serta profesi-profesi di PT KAI.
Mereka juga diajarkan hal-hal yang tidak boleh dilakukan selama perjalanan, seperti tidak bermain di sekitar jalur KA dan tidak melakukan vandalisme terhadap kereta api. Selain itu, peserta juga diperkenalkan dengan kemudahan memesan tiket melalui aplikasi Access by KAI.
Untuk semakin menarik minat peserta Edutrain, PT KAI Daop 3 Cirebon juga menawarkan paket Edutrain yang menyertakan menu makanan sehat, berupa susu dan snack, bagi peserta.
Untuk informasi lebih lanjut mengenai paket Edutrain, dapat menghubungi Tim Marketing Edutrain Unit Angkutan Penumpang PT KAI Daop 3 Cirebon di nomor +62 811-2021-0003.
Dengan adanya Edutrain ini, diharapkan dapat menumbuhkan kecintaan generasi muda terhadap transportasi kereta api, serta menjadi bukti komitmen PT KAI dalam menyediakan layanan yang memenuhi kebutuhan pelanggan, termasuk anak-anak.
