Close Menu
  • Home
  • Utama
  • Pilkada 2024
  • Kriminal
  • Serba Serbi
  • Ekbis
  • Wakil Rakyat
  • Viral
  • Opini
  • Wisata & Kuliner
Facebook X (Twitter) Instagram
Media Cirebon
Facebook X (Twitter) Instagram
SUBSCRIBE
  • Home
  • Utama
  • Pilkada 2024
  • Kriminal
  • Serba Serbi
  • Ekbis
  • Wakil Rakyat
  • Viral
  • Opini
  • Wisata & Kuliner
Media Cirebon
Home » Program KELINGAN, Jemput Bola Layani Adminduk di Desa
Utama

Program KELINGAN, Jemput Bola Layani Adminduk di Desa

Thursday, 25 April 2024
Facebook Twitter Telegram WhatsApp Copy Link
Kepala Disdukcapil Kabupaten Cirebon, H. Iman Supriadi menjelaskan mengenai program KELINGAN
Share
Facebook Twitter Telegram WhatsApp Copy Link

Mediacirebon.id — Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cirebon meluncurkan program Keliling Layanan (KELINGAN). Program ini akan menyisir masyarakat di desa yang belum memiliki administrasi kependudukan.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Cirebon, H. Iman Supriadi, S.Sos., M.Si mengatakan, tujuan dari KELINGAN untuk memberikan kemudahan masyarakat. Selain itu untuk menyelesaikan perekaman administrasi kependudukan di tahun 2024.

“Kami coba dengan jemput bola, pelayanan turun langsung mendatangi masyarakat,” kata Iman kepada wartawan, Kamis (24/4/2024).

Lihat Juga :  SehatQ Beri Solusi Pada Penderita Gangguan Saraf

Teknisnya, pegawai Disdukcapil akan datang ke desa untuk membuka layanan administrasi kependudukan. Nanti pemerintahan desa setempat mensosialisasikan ke masyarakat yang belum memperbarui data kependudukan.

“Tentu kami akan melibatkan pihak desa. Kami juga maksimalkan sosialisasi di media sosial,” tuturnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Cirebon Hilmy Riva’i mengapresiasi inovasi Disdukcapil dalam program KELINGAN. Karena menurutnya layanan dasar menjadi kewajiban pemerintah dalam administrasi kependudukan.

Masih kata Hilmy, ada tiga hal yang menyebabkan administrasi kependudukan belum berjalan maksimal. Pertama, rendahnya kesadaran masyarakat tentang pentingnya dokumen kependudukan. Kedua, karena kesibukan dan lain sebagainya dan ketiga, inovasi dalam memudahkan layanan.

Lihat Juga :  Rapat Bersama Dispora, Komisi III Minta Maksimalkan Potensi Pemuda dan Pembinaan Atlet

“Pemerintah memang harus memberikan kemudahan pelayanan tentang kependudukan ini. Layanan kependudukan ini harus dekat dengan masyarakat. Ke Depan, layanan kependudukan bisa dilakukan di tingkat desa, kecamatan, bahkan bisa diakses dengan digital,” kata Hilmy. (Why)

Share. Facebook Twitter Telegram WhatsApp Copy Link
Previous ArticleTruk “Adu Bagong” di Dukupuntang, Nihil Korban Jiwa
Next Article Komisi III DPRD Dukung Atlet Kota Cirebon Berlaga di Popwilda Jabar 2024

Related Posts

Bawaslu Kick Off Didpol Bagi Pelajar SMA di Kota Cirebon

Thursday, 13 November 2025 Utama

Kades Tuk Tunjukkan Buku Besar, Pastikan Tanah Cipto Milik H Sopiah

Thursday, 13 November 2025 Utama

Agung Supirno Gagas Pembangunan Gedung Serbaguna di RW 05 Penyuken

Thursday, 13 November 2025 Utama
Media Cirebon
Facebook X (Twitter) Instagram
  • Tentang
  • Pedoman Media Siber
© 2025 PT Media Cirebon Kreatif.

Type above and press Enter to search. Press Esc to cancel.