Mediacirebon.id – Selama 3 Hari pelaksanaan Ciayumajakuning Entrepreneur Festival (CEF) 2023, nilai penjualan mencapai Rp 1,2 miliar. Jika dibanding pelaksanaan tahun lalu, meningkat sekitar 15 persen.
“Luar biasa antusias masyarakat yang hadir dalam acara CEF 2023 di Grage Mall Cirebon,” kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia Cirebon, Hestu Wibowo, Senin (24/7/2023)
Bukan hanya itu, selama pelaksanaan total pengunjung diperkirakan mencapai 29 ribu orang. Dengan melibatkan 100 UMKM yang berasal dari wilayah 3 Cirebon.
“Berbagai UMKM unggulan di setiap wilayah kami libatkan dalam CEF 2023,” tuturnya.
CEF 2023 mengusung tema “Ciayumajakuning Tumbuh, Hijau dan Berkelanjutan” dengan tagline “Go Green to Encourage Economy, Digital and Green Generation.
Menurut Hestu, tage bermakna semangat optimisme dalam meraih momentum penguatan ekonomi melalui digitalisasi dan inklusi keuangan di ekosistem yang berkelanjutan.
Masih kata Hestu, Bank Indonesia siap mendukung transisi UMKM Hijau antara lain dengan mendorong UMKM untuk menjadi lebih ramah lingkungan, mulai dari penggunaan bahan baku, proses, hingga hasil produksi yang tidak merusak lingkungan.
“Kami mendorong landasan pemikiran bagi UMKM dan masyarakat umum mengenai pemahaman terkait aspek promosi, pemasaran, hingga pembayaran yang berbasis digital,” paparnya.
Pihak berharap, melalui CEF 2023, dapat bersinergi untuk memajukan UMKM dan Pariwasata di Wilayah Ciayumajakuning khususnya dalam mendukung momentum penguatan ekonomi yang tidak hanya tumbuh kuat namun juga tumbuh berkelanjutan. Ciayumajakuning Tumbuh, Hijau dan Berkelanjutan. (Why)